Laman

Selamat datang !

Anda Adalah Tamu Istimewa kami.... Ikuti Perkembangan Blog Ini..!

15 Oktober 2009

"BERSAMA"

Oleh : Jarjani Usman

"wahai manusia, Aku berasal dari kalian, jika Aku punya harta, kalian juga punya harta yang sama, jika kalian memiliki suatu tugas, maka Aku memiliki Tugas yang sama, Aku akan membawa kalian menempuh jalan yang ditempuh Rasulullah dan setiap yang diperintahkannya" (Sayyidina Ali).

Memulai suatu tugas yang baru sebagai wakil atau pemimpin rakyat, ada baiknya bercermin pada bagaimana Sayyidina Ali memulai tugasnya sebagai khalifah. Sayyidina Ali memang berbeda dengan kebanyakan pemimpin. kalau kebanyakan pemimpin membuat janji-janji indah sebelum memperoleh suatu pimpina, sahabat Nabi itu membuat janji setelah memperolehnya, diantara janjinya adalah. pertama, akan memperlakukan harta negara sebagai harta bersama dengan rakyatnya tanpa kecuali. kalau beliau menikmati suatu harta, maka rakyatnya jugaharus merasakan demikian. kedua, kalau rakyatnya punya masalahdalam hidupnya, bearti itu masalahya juga sehingga harus dipecahkan bersama-sama. ketiga,
Membawa rakyatnya beriman sebagaimana diperintahkan Rasulullah adalah hal yang penting baginya.

tiga poin ini saja sudah jelas bedanya. Tidak ada keinginan beliau untuk mengadakan kuda tunggangan istimewa atau rumah super mewah, atau juga agen proyek begitu memulai jabatan. Tak ada upaya untuk mengadakan pelisiran kemana-mana dengan menghambur-hamburkan uang rakyat. harus kita akui secara jujur, inilah pola hidup pemimpin umat yang entah diman sudah tersangkut. Rantai pola hidup pemimpin yang demikian bagaikan sudah terputus ditengah jalan, sehingga kita kerap mewarisi pola-pola sebaliknya. kita kadangkala membiarkan sekian banyak rakyat karam dalam lautan permasalahan hidup. Mulai dari masalah kemiskina yang semakin dahsyat sampai masalah pengangguran yang semakin mengkuatirkan. namun demikian, siapapun masih berharap kerinduan akan orang-orang seperti Sayyidina Ali terobati kali ini. mudah-mudahan ada beberapa orang yang mau bersama-sama rakyat, senasib dan seperjuangan.

Tidak ada komentar:

Mau Upload File Dapat Duit !